Selasa, 18 Oktober 2016

sekelumit kisah hidup..(NYATA dan REAL) Wa 081393944747

Terlahir dari keluarga TNI,aku mempunyai kepribadian yang keras,sesuai dengan namaku,
meski terlahir dari keluarga militer namun tak satupun dari anak2 bapakku yang menjadi militer,ya karena bapakku seorang yang ebrdikari dan itu aku saksikan sendiri ketika ada orang datang kerumah memberi amplop tebal ntah untuk meluluskan apa namun bapakku menolaknya...
itu diatas hanya kilasan sekelumit cerita saja
masa kecilku di purwodadi jawa tengah kemudian karena bapakku di pindah tugaskan di Yonif 407 Padmakusuma kami sekeluarga pun pindah,dan aku bersekolah di Tegal di Ujungrusi,setelah lulus SD,Bapakku pindah ke Daerahnya hingga akhirnya beliau pensiun,dan aku juga meneruskan sekolah SLTP N di daerahku lulus aku bersekolah di Semarang di Sebuah SMK N di semarang dan mengambil jurusan Tekhnik Konstruksi Bangunan,3tahun aku bersekolah disana aku selalu mendapat beasiswa,aku masih ingat nominalnya
kelas 1 280.000
kelas 2 360.000
kelas 3 640.000
seperti kebanyakan anak STM lainnya akupun ikut tawuran,saat kelas 1 aku masih lugu2nya,di kelas 2 aku mulai mencari uang sendiri dengan cara menjadi joki balap liar,lumayan pendapatannya.. hanya satu semester saja aku mengenal dunia balap liar di semarang,semester 4 aku mulai mengikuti kegiatan2 di sekolah dari OSIS,PASKIBRA  dan PRAMUKA bahkan aku masuk ke Saka Bhayangkara,Saka Wanabhakti,Saka Panduwisata dan Saka Bhakti husada,kelas 3 aku mulai mencuri2 bekerja di kafe tenda di pahlawan semarang, selain menambah uang saku lumayan bisa buat jajan
mungkin banyak orang mengira"wah anak tentara enak uangnya bla bla bla"mungkin itu berlaku bagi yang lain namun tidak untukku dan beberapa teman2ku
lulus dari STM aku bekerja menjadi kuli bangunan di tanjung mas ,itupun mencuri2 akhirnya ketahuan sama orang tuaku,dan aku berhenti kemudian aku masuk UGM gretongan,trus aku bekerja di Sinar Mas Group penempatan di Jambi sebagai Surveyor Pemetaan
hanya setahun aku disana dan aku pulang aku kemudian bekerja di Indomarco Prismatama,mungkin kurang lebih 2tahun dan jabatan terakhir TEAM OPENING PANTURA.
ada beasiswa masuk ke STMIK di jogja aku manfaatkan,namun akhirnya kuliah,
disinilah masa masa menyedihkanku,
1.ditipu masalah kos2an uang 600rb melayang hilang dan aku ga punya tempat tinggal,aku tinggal di mushola kampus
2. buka puasa hanya dengan air putih
3. berjualan gelang dari tali perusik di SD2..
4. ngamen di perempatan kentungan sampai diuber2 petugas
5. ngamen di malioboro sampai diuber2 preman2nya...(disini gitarku rusak)
oke di urai
1. ditipu masalah kos2an
aku ngekos di wilayah dekat kampusku,jujur kami orang yang kurang dari kata sederhana.jadi uang 600rb sangatlah berharga,waktu itu aku ngekos aku DP 600rb dan akan bayar sisanya bulan depan,baru 3hari udah ditagih2... akhirnya aku tambahi 300 sisanya bulan depan(jual celana dan baju juga sepatu),baru seminggu ditagih lagi... akhirnya aku minta balik duitnya dan ga dikasih.... alasannya sudah habis buat bikin sumur...besoknya barang2 ku sudah diluar dan pintu kos sudah terkunci...

2. sahur dan Buka puasa hanya dengan minum air putih
masih di kos2an saat itu bulan puasa,uang 600rb itu seharusnya dibagi 300 untuk DP 300 untuk saku sebulan namun karena si pemilik mintanya 600 jadi aku kasihkan semua,akhirnya aku ga makan... SAMA SEKALI... pada minggu2 terakhir aku telp kakakku karena aku ga kuat... aku disuruh pulang aja... namun pulang pake apa?ongkos dari mana? dirumah juga adikku butuh biaya
akhirnya aku kekampus,disana aku ketemu dengan temanku.. aku ga berani ngomong pinjam.. ya aku tetap menunjukan keceriaanku ,namun seorang sahabat melihatku dan aku ditarik...
"ini aku ada uang,kamu pucat gitu.... kamu mau senyum kayak gimana aku tau kamu sakit,(perutku disentuh)sudah berapa hari kamu ga makan"
akhirnya aku cerita dan dia memelukku sambil menangis(temenku cewek ... pyur bener2 temen) kemudian dia mengambil beberapa lembar uang dan memberikannya padaku...
"buat kamu,ini bukan pinjaman,ini beneran buat kamu... toh kamu juga sering nolongin aku"
aku hanya ambil selembar aja
"kok cuman 50rb??"
Aku hanya jawab"aku mau pulang,ini buat ongkos pulang dulu... besok kalo ngampus lagi aku balikin"
"aku bilang ini buat kamu,ini bukan pinjaman... udah dibawa aja"(sambil memasukkan beberapa lembar di saku..."
akhirnya aku pulang... dan keadaan rumah ternyata lebih parah dari dugaanku,jika aku sahur buka hanya pakai air putih ternyata adik2 ku sahur buka hanya nasi dan ikan asin...Masya Allah....
akhirnya uang dari lina aku kasihkan... namun hanya beberapa hari aja... sambil nunggu bapak gajian aku meminjam uang dari temen Mig33 ku... aku kasihkan... setelah bapak gajian,aku mulai berangkat ke kampus,ibu ku memberi uang saku Rp80.000 untuk 1 bulan....(2007)
3. Tidur di mushola kampus
Sampai jogja aku ga tau harus kemana... aku ga punya tempat tinggal... tujuanku aku harus kuliah... akhirnya aku menuju mushola kampus... dan tinggal disana 1 malam...2malam... 3malam..
singkat cerita akhirnya aku masuk ke UKM MAPALA dan mendapat tempat tingga.. di POSKO MAPALA....
4-5,ngamen dan jualan gelang
tempat tinggal dapat... uangnya darimana... ya ngamen dan jualan gelang.. yang penting bisa kuliah.... hehehehe
lepas dari kampus aku bekerja di semarang sebagai marketing software namun hanya bertahan sebentar..
suatu hari aku tongkrong sendirian di Simpang Lima semarang,aku melihat orang bagi2 brosur,aku samperin dan aku bantu membagikannya,selesai dan habis... orang itu menawakan pekerjaan yaitu sales pulsa alloperator namun penghasilannya hanya dari transaksi konsumen...
dari 0 bener2 0 aku mulai keliling menjajakan all operator,bulan pertama  dan kedua belum ada hasil di bulan ke tiga baru ada hasil... akhirnya bisa buka konter kecil2an meski masih nunud2... hingga aku buka konter sendiri dan melayani service hp,laptop,printer sampai kulkas dan mesin cuci...
semua aku kerjakan sendiri...aku belajar dengan otodidak..ku kembangkan dengan cetak foto dan isi lagu..
saat sedang enak2nya buka konter temenku datang dan curhat minta aku untuk menemaninya melamar pekerjaan menjadi pelaksana bangunan... aku mengiyakan aja.... konter aku tinggal....
aku lari menjadi pelaksana bangunan... dari kota satu ke kekota lainnya
aku menjadi pengawas proyek dengan sambilan service hp,laptod dll(hanya bagi yang tahu aja)hingga sekarang,dengan beban hidup yang masih sangat berat namun aku berusaha tersenyum...
beban hidup berat,kenapa berat..karena ortuku tertipu mentah2 oleh saudaranya sendiri sehingga tanah dan rumah hilang... dna sekarang kami(aku bapak ibu dan adik2 ku hanya mengontrak rumah...)aku bertanggung jawab juga atas mereka...
alhamdulillah
adikku cowok paling bungsu bekerja sebagai barista di jakarta
adikku cewek nomer 2 masih kuliah di UNNES dan kemarin ikut PON
adikku cowok nomer 1 belum bekerja dan mungkin dia belum ditemukan pekerjaan yang cocok oleh Allah
kakakku cewek... DITEGAL ikut suaminya
ntah tahun depan kami akan tinggal dimana...
paling tidak dengan ceritaku ini bisa membuka mata para pembaca bahwa tidak semua KBAD(Keluarga Besar Angkatan Darat) itu enak......
kehidupan itu menyenangkan bagaimana kita menghadapinya dan kita harus selalu bersyukur...
selama ibuku masih hidup,akan aku lakukan apapun untuknya....
selama keluargaku masih hidup,aku akan melakukan apapun untuk mereka...
karena aku hanyalah aku yang tidak bisa meng aku kan ke aku anku
hanya keajaiban Allah yang bisa membantu kehidupan kami....
itu hanyalah sekelumit cerita hidupku...meski wajah burisrawa namun hati tetap manohara.... hahahhahahah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar